21 April 2012

Pajak Sepeda Motor di Samsat Karanganyar

pajak sepeda motor
Tax Motorcycles in Samsat Karanganyar

Hari itu, tepatnya hari Sabtu, 14 April 2012 saya berencana akan pajak sepeda motor di Samsat Karanganyar. Sebelumnya saya bertanya kepada Pak Lik, katanya hari Sabtu Samsat buka hanya setengah hari, yaitu sampai jam 12 siang. (jarene, hehehe) Saya juga tanya kepada teman saya yang berada di Karanganyar (namanya Tri M) dan katanya juga buka sampai jam 12 siang. Dan tanpa berpikir lama saya putuskan untuk berangkat dari rumah + pukul 10.30 WIB.
Sebelum ke Samsat Karanganyar, saya mampir ke rumah teman saya dan mengajaknya pajak sepeda. Lalu, setelah sampai rumahnya saya juga langsung mengajak teman saya untuk segera bergegas ke Samsat Karanganyar sebelum tutup. Dan setelah berkendara motor sekitar 10 menit, akhirnya kami sampai di Samsat. Sebelum pajak, saya baca dulu cara-cara pajaknya, kebetulan saya tidak fotocopy surat-surat kendaraan saya.
Saya hanya membawa BPKB Asli, STNK Asli, dan KTP Asli. Katanya sih, sekarang tanpa fotocopy dapat dilayani, dan katanya juga lebih cepat dibandingkan dengan yang fotokopi. Saya pun membuktikannya pada hari itu juga. 
Saya langsung menuju ke Loket D, yang letaknya paling utara. Tanpa basa-basi saya menyerahkan surat-surat kendaraan Asli tadi kepada Bapak Petugas Samsat... Dan ternyata memang benar-benar cepat sekali, prosesnya sungguh memuaskan. Surat-surat tadi di Scan, dan setelah itu data tersebut langsung masuk ke database, dan proses selanjutnya petugas akan meminta biaya administrasi, waktu itu biaya administrasinya sebesar Rp. 177.500,-. Setelah saya bayar, proses pajak pun telah selesai dan surat-surat yang Asli tadi diserahkan kembali + surat tanda telah pajak. 
Terima kasih Bapak Polisi, tingkatkan terus disiplin dan etos kerja yang baik. Pelayanan yang baik, cepat, dan ramah sangat masyarakat harapkan... Maju terus Karanganyar, Maju terus Indonesia...

Sekian dulu Sobat, Agan, Mas, dan Mbak....
Lain waktu bisa disambung lagi....