21 April 2012

Mengganti Kabel SATA Hardisk yang Rusak

Replacing a Damaged Hard Drive SATA Cable

Kemarin sore, komputerku agak lemot. Waktu itu pas ngedit foto dengan Photoshop, eh tak tau kenapa baru mulai ngedit foto, LOLA banget... (Loading Lama). Sampai pikiranku tertuju pada software-nya minta diinstall ulang. Tapi setelah itu, saya mencoba untuk membuka CPU-nya terlebih dahulu, barangkali dalemannya kotor (biasa jarang dibersihkan), hehe...
Dan setelah saya buka chasing nya, saya membawa ke cucian motor "mas arul"..., tapi bukan untuk dicuci, melainkan saya pinjam kompresor-nya untuk menyembur sekaligus menghilangkan debu-debu yang membandel bersarang di tubuh my CPU. Csssss........ cssss....... setelah bersih disemprot angin, CPU saya bawa pulang lagi.


http://azid-cekli.blogspot.com

 Eh...., ternyata dan ternyata pas mau tak pasang chasing-nya, saya cek Memory, Kabel, dlll dan ternyata Kabel SATA pada Harddisk rusak berat alias Pecah pada bagian konektornya. Tak nunggu lama, saya pun langsung membelikan kabel SATA yang baru seharga Rp. 7000,- di "AJ" net. Selanjutnya, kabel saya pasang ke Hardisk, dan tutup chasing-nya pun segera saya pasang beserta kabel-kabelnya. 
Power CPU saya pencet, tanpa nunggu lama, setelah CPU Ready, langsung coba buka Photoshop dan ngedit foto. Alhasil... CPU saya kembali lagi ke performa yang bagus, Excellent Performance.
Alhamdulillah...

Sekian dulu Gan, semoga bermanfaat.
Wassalam...